Sabtu, 02 Januari 2010

Ganti Kepala Manusia jadi Serigala Serem

Coba- coba membuat animasi 3D pertama kali.. hmm bingung mulai darimana..googling akhirnya dapet rekoendasi dari blogger yang lain situs http://www.escalight.com..

wow amazing.. banyak juga tutorialnya,, berhubung adanya software 3dmax, ya cari tutorial yang pake software itu...

akhirnya mantab memilih tutorial Ganti Kepala Manusia jadi Serigala,, awalnya yang lumayan sulit untuk penula seperti saya, tapi bismillah saja,, mudah- mudahan di berikan kemudahan,, sudah deadline nih tugas pengolahan citra...

Lngsung saja,,,Intro dulu mengubah satu benda menjadi bentuk lain disebut morphing. Kita telah melihat banyak hal dalam film, seperti mengubah wajah, manusia berubah menjadi singa, dan banyak lainnya. Beberapa detik animasi morphing seperti sulap. Tetapi, sebenarnya membuat 3D animasi morphing adalah pekerjaan yang membuat animator sudah gila. wow bakalan panjang dan pekerjaan membosankan nh, bergerak simpul dengan simpul. Tutorial ini akan mencakup cara membuat animasi morphing, memutar kepala manusia menjadi manusia serigala. Dibagi menjadi 2 bagian, bagian pertama mencakup cara membuat morphing, dan bagian kedua adalah bagaimana mengintegrasikan tekstur animasi dalam morphing.

Image

2. Objek kepala manusia sudah bertekstur menggunakan Unwrap UVW. Bitmap untuk serigala juga dibuat menggunakan UVW Unwrap template untuk kepala manusia, karena kita akan menggunakan kepala manusia sebagai dasar morph. Yang membuat serigala menggunakan UVW Unwrap koordinat untuk kepala juga.

Image

3. Sebelum ke langkah berikutnya, ada sesuatu yang perlu anda ketahui tentang obyek sasaran morph. Morph morph target dasar dan objek harus memiliki jumlah simpul yang sama. Jika tidak, morphing tidak dapat diciptakan.Untuk membuat objek target morph, menyalin objek asli, maka Anda dapat menggunakan benda disalin sebagai morph target.

Image

4. Langkah selanjutnya adalah memodifikasi atau memindahkan simpul di sasaran morph objek. Jangan menghapus simpul.

Image

5. Pindahkan simpul di morph target sampai Anda mendapatkan formulir yang diinginkan. Pindah simpul adalah sebuah proses yang panjang dan membosankan, sehingga Anda harus bersabar.Dalam tutorial ini anda tidak perlu untuk memindahkan setiap simpul.. Saya telah menyediakan semua benda.

Image

6. Pilih morph basis objek (kepala manusia).Pada panel Modify, tambahkan morpher pengubah. Dalam rollout Parameter Saluran klik Pick Obyek dari Scene tombol, kemudian klik objek di viewport serigala sebagai morph target. Bila Anda memilih objek, objek akan ditempatkan di Channel. Ada 100 Channel, yang berarti Anda dapat memilih hingga 100 morph target.

Image

7. Pindahkan slider ke frame 100. Go to Channel List rollout in Modify Panel. Pergi ke Daftar Channel Ubah peluncuran di Panel. Serigala objek terdaftar dalam satu Channel. . Klik dan tarik pemintal dan melihat kepala manusia berubah menjadi serigala kepala. Tingkatkan nilai sampai Anda mencapai 100, dan mematikan Auto Key. Klik tombol Play untuk yang wacth animasi morphing.

Image

8. Ini jadi animasi morphing. Tapi, itu belum selesai bro .

Image


Mulai lagi, sekarang adalah tahap finishing
1.
Pilih morph basis objek (kepala manusia). Dalam Ubah Panel, kunjungi Global Parameter rollout, dan klik tombol Tetapkan Bahan Baru. Lihat bahan kepala manusia berubah. Catatan: Mengklik tombol Tetapkan Bahan Baru memiliki hasil yang sama dengan menerapkan morpher Bahan dari Material Editor. Morpher bahan material khusus yang dapat digunakan dengan morpher pengubah. Ini juga memiliki 100 saluran yang bekerja paralel dengan saluran di morpher pengubah.

Image

2. Buka Bahan bahan Editor.Select satu slot kosong. Lalu, klik pipet Tool dan klik pada objek dasar morph (kepala manusia). Morpher material will be opened in that material slot. Bahan morpher akan dibuka pada slot material. Material tipe standar sekarang berubah sebagai bahan morpher.

Image

3. Dalam rollout Parameter Dasar morpher, klik tombol Pilih Morph Objek. Lalu, klik morph basis objek di viewport (kepala manusia).

Image

4. Sebuah jendela kecil akan muncul, menunjukkan pengubah diterapkan dalam obyek. Pilih morpher dan klik Bind.

Image

5. 5. Now, we need to set up material for base and target object. Sekarang, kita perlu menyiapkan bahan dasar dan objek sasaran. In Morpher Basic Parameters rollout, in Base Material click Default Material (Standard) button. Dalam rollout Parameter Dasar morpher, di Base Bahan Bahan klik Default (Standar) tombol. Then in Blinn Basic Parameters, click small button right next to Diffuse. Kemudian pada Parameter Dasar Blinn, klik tombol kecil di sebelah kanan baur. In Material/Map Browser window, choose Bitmap and use file human.jpg that you downloaded earlier. Dalam Material / Map Browser jendela, pilih Bitmap dan menggunakan human.jpg file yang Anda download sebelumnya. When finished, click Go To Parent button twice to go back to Morpher Basic Parameters rollout. Setelah selesai, klik tombol Go To Parent dua kali untuk kembali ke morpher Basic Parameter rollout.

Image

6. Sekarang, kita akan menyiapkan materi untuk target morph objek. Dalam Channel Bahan Setup klik tombol di sebelah kanan Mat 1. Anda menggunakan saluran ini karena Anda hanya memiliki satu saluran di morpher pengubah. Dengan proses yang sama seperti sebelumnya, gunakan untuk wolf.jpg baur.

Image

7. Selesai juga. Sayangnya, anda tidak dapat melihat pratinjau di viewport. Anda harus membuat untuk melihat bagaimana materi seperti animasi. Di bawah ini adalah contoh animasi morphing urutan dengan materi yang diterapkan. Catatan: Teknik ini dapat digunakan hanya bila target morph objek tersebut tidak dalam bentuk ekstrim. Ketika dalam bentuk ekstrim, ini dapat menyebabkan techique materi menggeliat.Jadi, Anda lebih berhati-hati ketika menggunakannya.

Image


Lumayan, pusing juga bikinnya,, mudah2n jadi pengalaman yang baik untuk kedepannya..

Untuk yang mau download objek diatas sebagai latihan,, download saja di

link http://www.escalight.com/images/stories/tutorials/3dsmax/morphing/morphing.zip









Tidak ada komentar:

Posting Komentar